Dikelola oleh

Mas Admin d/a : Pon-Pes Al-Quraniyah, Jl. Affan Bachsin No. 13 Manna Bengkulu Selatan

Kamis, 10 April 2008

STIT AL-QURANIYAH MANNA

A. SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA STIT AL-QURANIYAH MANNA

Keberadaan STIT Al-Quraniyah Manna yang pada pagi hari ini tidak dapat dipisahkan dari ide dasar pembentukannya, yakni ingin mencetak tenaga akademik dan profesional yang beriman dan bertaqwa serta berdedikasi kepada kepentingan bangsa. Ide dasar tersebut dituangkan dalam Statuta STIT Al-Quraniyah Manna, khususnya Pasal 3 tentang Azas, Fungsi, dan Tujuan didirikannya STIT Al-Quraniyah.
Apabila kita renungkan, maka ide tersebut sesungguhnya sejalan dengan keinginan seluruh bangsa Indonesia sebagaimana dapat kita baca dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke-4, khususnya yang menyangkut tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Di samping itu juga relevan dengan kehendak GBHN mengenai pembangunan sektor pendidikan yang berbunyi: “Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila, bertujuan. untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Mahaesa, berbudi pekerti luhur, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani. Pendidikan Nasional juga harus mampu menumbuhkan dan memperdalam rasa cinta pada tanah air, mempertebal semangat kebangsaan dan rasa kesetiakawanan sosial”. Juga selaras dengan ketentuan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengenai Tujuan Pendidikan Nasional. Relevansi demikian bukan sekedar ketepatan, tetapi didasarkan atas pemahaman dan pengalaman terhadap seribu satu tuntutan seluruh warga masyarakat yang senantiasa berkembang. Oleh sebab itu, tidaklah berlebihan jika momentum tersebut di kemudian hari dijadikan scbagai basis motivasi dan inovasi bagi segenap civitas academica STIT Al-Quraniyah untuk berbenah dan memacu diri dalam rangka menyongsong terwujudnya manusia berkualitas akademik yang bertakwa dan memiliki wawasan kebangsaan.
Hadirin yang kami hormati.
STIT Al-Quraniyah dengan kondisi yang ada seperti sekarang ini tidak lain adalah merupakan lembaga pendidikan yang dikelola dan sekaligus dibiayai oleh sebuah yayasan yang didirikan pada tanggal 22 Februari 1993 dengan nama Yayasan Affan, dengan Akta Notaris No. 6 yang beralamat di JI. Affan Bachsin No. 13 Telp./Fax. (0739) 21689 Manna Bengkulu Selatan (38518) Bengkulu.

B. KEBERADAAN STIT AL-QURANIYAH DEWASA INI

Perjalanan STIT Al-Quraniyah dalam keikutsertaannya merealisasikan salah satu tujuan kemerdekaan Negara Republik Indonesia, dapat dikatakan belum bisa maksimal. Memang tak dapat dipungkiri bahwa di sana-sini dalam berbagai hal terdapat hambatan-hambatan baik yang bersifat internal maupun eksternal. Namun dengan tekad dan rasa kebersamaan yang selama ini dijunjung tinggi serta berkat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dapat teratasi. Hal ini tidak berarti bahwa tantangan-tantangan yang akan tampil di masa depan tidak perlu diwaspadai. Hambatan yang dialami sebelumnya adalah pengalaman yang menjadikan STIT Al-Quraniyah semakin dewasa dalam menghadapi realitas di masa sekarang untuk tetap, bersikap tegar menyongsong harapan di masa depan. Berangkat dari prakondisi seperti itu, maka STIT Al-Quraniyah senantiasa berusaha untuk dapat memelihara kontinuitas penyelenggaraan misinya dalam memberikan servis kepada masyarakat di bidang pendidikan tingkat perguruan tinggi.
Dalam proses perkembangan sekarang, STIT Al-Quraniyah dengan segala kemampuannya terus meningkatkan kualitas dan kuantitas, baik sarana dan prasarana yang keras maupun yang lunak agar aspek institusi berjalan lebih baik sehingga output dan outcome yang dihasilkan dapat memenuhi harapan, seperti membangun gedung yang representatif untuk menyelenggarakan aktivitas Sekolah Tinggi yang direncanakan 4 lantai, dengan anggaran biaya keseluruhan diperkirakan 4 milyar rupiah. Kami berharap mudah-mudahan tak lama lagi pambangunan gedung tersebut segera terealisasikan, dan segera dapat merintis pembangunan dan pengembangan lain bagi kemajuan ilmu pengetahuan.
Sehubungan dengan hal itu maka secara umum perkembangan STIT Al-Quraniyah dapat dikemukakan melalui data-data sebagai berikut STIT Al-Quraniyah saat ini memiliki baru memiliki 3 (tiga) program studi yaitu:
1. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Strata Satu (S1) dengan status terakreditasi Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. SK BAN-PT No. 05941/Ak-VII-S1-033/SUDPBI/IX/2003.
2. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (PGSD/PGMI) untuk Strata Nol (S0) dengan status terakreditasi KOPETRTAIS Nomor V Tahun 2002.
3. Program Studi Pendidikan Guru Agama Islam (PGAI) Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah untuk Strata Nol (S0) dengan status terakreditasi KOPETRTAIS Nomor V Tahun 2002.

C. STIT AL-QURANIYAH DI MASA DEPAN

Berpijak pada Recana Induk Pengembangan (RIP) STIT Al-Quraniyah kemudian dihubungkan dengan kondisi dewasa ini, maka patut disyukuri bahwa program yang telah dicanangkan bisa terealisasi dengan baik, akan tetapi juga menyadari berbagai kekurangan dan kelemahan, tenyata masih terdapat beberapa sasaran yang belum dapat tercapai sepenuhnya, oleh karena itu, memerlukan perhatian dan kerja keras dari seluruh civitas academica.

> Sasaran yang dimaksud antara lain:
1. STIT Al-Quraniyah sebagai institusi Perguruan Tinggi Islam harus dapat berfungsi sebagai wadah integrasi konsepsional bagi pembinaan umat, bangsa, dan negara.
2. STIT Al-Quraniyah sebagai lembaga Perguruan Tinggi Islam harus dapat berfungsi sebagai pusat studi pengembangan i1mu pengetabuan dan kebudayaan Islam yang universal.
>Untuk mencapai kedua sasaran tersebut di atas, maka STIT Al-Quraniyah memerlukan pengembangan terus-menerus dalam jangka pendek berupa:
1. Pemberian wadah aktivitas-aktivitas yang akomodatif baik bidang akademik, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.
2. Penyempurnaan sarana dan fasilitas pengembangan ilmu pengetahuan.
3. Penyedian sarana fisik yang memadai untuk segala keperluan.
4. Menyiapkan wadah pengembangan untuk langkah selanjutnya.
>Secara detil target pengembangan masa akan datang untuk jangka pendek meliputi bidang-bidang sebagai berikut:

1. Bidang Akademik:
a. Pengadaan pusat-pusat studi;
b. Meningkatkan kualitas dan kuantitas materi kepustakaan.
c. Pengadaan lembaga pelatihan komputer dan bahasa;
d. Unit Sumber Belajar (Laboratorium Micro Teaching).

2. Bidang Penelitian:
a. Peningkatan tenaga peneliti agar lebih professional;
b. Penyusunan desain master yang terpadu dengan kebutuhan masyarakat yang mendesak;
c. Menerbitkan buku pedoman dan panduan penelitian baik kualitatif maupun literair.
d. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembabaga lain di bidang perielitian;

3. Bidang Pengabdian pada Masyarakat:
a. Peningkatan tenaga, terampil di bidang pengabdian pada masyarakat;
b. Pelayanan desain master pengabdian pada masyarakat;

4. Bidang Administrasi:
a. Pengadaan tenaga terampil di bidang administrasi dan manajemen modem;
b. Mengembangkan pola administrasi menuju sistem informasi manajemen;

5. Bidang Sarana Akademik:
a. Pengadaan ruang yang memadai baik kantor, laboratoriurn maupun ruang perkuliahan;
b. Peningkatan daya guna lingkungan yang kondusif bagi pengembangan insan akademik;

6. Bidang Sarana Lain:
Pengembangan areal kampus serta pengembangan Sekolah Tinggi Ilmu Tarblyah Al-Quraniyah jangka pendek meliputi:
a. Memprioritaskan masalah yang urgen menyangkut kualitas dan kuantitas input, output, dan sekaligus outcomenya;
b. Mengaktifkan mahasiswa dalam diskusi-diskusi ilmiah menyangkut masalah-masalah sosial kontemporer;
c. Memperluas kesempatan belajar para dosen guna memperkaya khazanah ilmu pengetahuan;
d. Menambah frekuensi penggunaan bahasa asing dalam komunikasi sehari-hari

Dan pada akhirnya perkenankan kami menyampaikan harapan-harapan kepada para pimpinan Perguruan Tinggi untuk memberikan saran-saran konstruktif bagi pengembangan STIT Al-Quraniyah. Lebih-lebih jika ditingkatkan sampai kepada bentuk kerjasama.
Selanjutnya kepada seluruh pihak yang berkompeten serta tokoh masyarakat kami mohonkan dukungan moral agar segenap pimpinan pemimpin STIT Al-Quraniyah dapat mengemban amanat besar dalam partisipasinya mencerdaskan kehidupan bangsa yang kita cintai ini.
Terakhir kepada para ulama dan pejabat pemerintah mohon doa restunya agar kami semua mendapatkan kekuatan lahir-batin dalam melaksanakan tugas sehari-hari, karena kami menyadari tanpa saran, dukungan, dan doa restu tersebut segala usaha kami hanya akan menghasilkan sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan kita semua.
Terima kasih.

Wassalaamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar: